Warna Warni Pantai Sawarna

sawarna
Pantai Sawarna! Finally!
Setelah diceritakan bagaimana saya dan kawan-kawan nyampe Bayah dan Sawarna di Warna Warni Pantai Sawarna 1, kali ini saya akan menceritakan apa saja yang bisa dinikmati dan dilakukan di pantai Sawarna. Setelah lala lili di pantai Sawarna, kami berjalan ke arah Tanjung Layar sambil foto2. Sempet ngeliat kapal yang datang dari arah laut dengan ikan hasil tangkapannya. Suhu udara ya layaknya pantai ya, anget2 gemanaa gituh. Eh, apaan tuh? Ada gubuk yang ternyata warung, sodara! Bukan warung yang lengkap2 amat sih, tapi lumayan banget doi jual soda2 lucu untuk muasin dahaga yang meraba kerongkongan. Di sini, kami bener2 leyeh seleyeh leyehnya. Tiduran di bawah pohon, manjat pohon, dan tak lupa saya live tweet alias twitrip perjalanan #sawarna. Di sini, provider yang paling banyak dipake XL, tapi kalo kata tukang ojek, Telkomsel yang sinyalnya paling bagus. Terbukti, saya ngetwit dan ngecek email tanpa hambatan yang berarti. ;)
Warna warni Sawarna
Jam makan siang, ternyata si AA yang jaga warung bisa beliin ikan, nasi, dan lala lili lainnya. Jadilah kami makan ikan tongkol gede 2 biji ples nasi dan sambel kecap bawang cabe rawit yang dibakar sendiri. Semua itu harganya Rp 24.000, tapi kami tambahin karena dia yang bakar. Tongkol 2 biji yang gede tuh cukup banget lho untuk ber 5, bahkan bisa untuk ber 7 kalo makannya pada gak terlalu barbar kayak kita-kita. Kicauan burung, hembusan angin sepoy2, bikin kita semua sempet tertidur. Kalo mau melihat lebih teliti, banyak hal2 yang bisa difoto dengan oke, seperti misalnya saya yang moto2 beberapa hal dengan lensa makro pas-pasan dari kamera poket kesayangan, Canon PowerShot A480. Cuma saya sempet mau PENGSAN (literally), ketika lagi duduk2 santai ngetwitrip, eh ada sesuatu yang bernafas kencang di samping pipi saya. Ternyata itu anjing yg ngeluarin lidahnya!! HWAA!! Sekedar info, anjing adalah sesuatu yang saya takutin bener2 setelah Tuhan. Bahkan kadang saya ngerasa lebih takut anjing daripada Tuhan. Duh, maafkan aku ya Allah. Untung saya gak panik, cuma teriak dikit dan anjing itu pun akhirnya pergi ngeloyor sendiri. Tapi teriakan saya jadi bikin mas MG yang tidur jadi bangun, huhu.. Maafkeun aku ya mas..
I heart Macros
Pukul 15:00, langit mulai mendung dan kami memutuskan untuk jalan ke Tanjung Layar dengan ditemani sang AA penjaga warung. Si AA ini cerita kalo dia pernah bikin villa kecil-kecilan di sebelah warungnya dengan dimodalin bule Australia. Bahkan untung yang didapat dari situ dia sisihkan untuk perbaikan jalan, namun tanpa alasan jelas, pemerintah setempat membongkar villanya. Ia juga menambahkan kalo tanah di sekitar situ udah dimilii oleh orang asing, dengan harga beli sekitar Rp 32.000 – 35.000 saja. Dari warung itu ke Tanjung layar gak gitu jauh, hanya 10 menit jalan kaki, berpapasan dengan banyak kerbau2, dan beberapa di antaranya adalah kerbau albino yang kalo di Toraja katanya bisa dihargai hingga Rp 80 juta. Denger2 juga di deket situ ada kuburannya Jean Louis Van Gogh, keponakan dari pelukis tenar Van Gogh, yang ternyata dulu merupakan juragan perkebunan kelapa yang terdapat di sepanjang Pantai Sarwana.
Sampe Tanjung Layar, langsung foto2 doong! Sebenernya Tanjung Layar itu sendiri apa sih? Liat aja di foto, semacam tebing yang tidak jauh dari bibir pantai dengan ombak yang memecah di kanan kirinya. Dekat situ juga ada warung minum yang lebih lengkap, secara ada es kelapa dan rujak. Karena katanya di Tanjung Layar ini bagus untuk liat sunset, jadi kita jalan kaki dulu menyusuri pantai menuju Lagoon Pari atau Laguan Pari, begitu penduduk menyebutnya, untuk kemudian balik lagi ke sini. Setelah naik ke tangga 1000 dan setengah jam berjalan, Laguan Pari yang dimaksud oleh si AA (yang bernama Galang) masih jauh lagi. Jadi kita memutuskan untuk balik lagi. Nah baliknya ini kita lewat sawah, bukan lewat pantai lagi. BEWARE: Super ultra banyak banget nyamuk di sini! Nyamuk belang yang nempel dan kemampuan ngisep darahnya bikin merinding. Jadi jangan lupa oles2 anti nyamuk yang BUANYAK ke sekujur tubuh. Gak ngepek seh, tapi lumanyan daripada lumanyun.
Ijo royo royo
Sampe lagi di Tanjung Layar pukul 17:40, kirain sunset gak keluar, karena tadi cuaca mendung. Eh ternyata Sunsetnya keluar banget dengan indah! Momen itu tidak kami sia-siakan. Bersegeralah kami poto2 ngocol dengan percobaan2 lompat yang norak. Menjelang Magrib gitu, air di pantai Tanjung Layar jadi kenceng, sehingga niat semula untuk bermain air gak jadi. Pukul 18:30, mas MG nelpon ojek yang tadi pagi nganter kita untuk jemput. Sebenernya bisa aja sih naik ojek dari situ, tapi karena udah terlanjur janji kita make ojek tadi dengan tarif Rp 20.000 ke penginapan, tapi jemput kita dari Tanjung Layar, bukan dari Pantai Sawarna kayak tadi pagi. Setengah jam kami nunggu mereka dan rute pulang sama kayak tadi pagi. Di perjalanan, ojek saya bilang “Neng, kalo saya bilang angkat kakinya, angkat kaki ya neng”. Saya: “Emang kenapa A?” *mikir dia mau ngajak saya sirkus* Ojek: “Iya, soalnya suka banyak uler tanah di sini, suka matok”. Astagpirulohalajim. Mayan deg deg ser juga dengernyah. Alhamdulillah kita nyampe penginapan Pada Asih lagi dengan selamat pukul 19:30. Setelah mandi dan bebersih, pukul 21:00 kita makan soto ayam yang rasanya not bad, bahkan bisa dibilang enak di warteg 24 jam deket terminal Bayah. Abis makan martabak manis dan teh anget serta mengeretek punggung masing2 antara kita yang bikin histeris kita menuju alam mimpi.
Tanjung Layar – Sawarna
Day 3, Minggu 28 Februari 2010
Santai2 bangun, jam 8:30 siap2 untuk pulang ke Jakarta. Sempet foto2 penginapan dengan tim lengkap, dan ciao ke terminal Bayah. Kali ini, kita mencoba untuk naik Elf , yang surprisingly gak lama kita naik, eh langsung berangkat. Kita berangkat pukul 10:30, dengan bayaran Rp 30.000 padahal nanya ama penumpang lain, bayarnya Rp 25.000, mungkin kita terlihat sangat turis ya. Yang ngeseliiin, sepanjang perjalanan si kenek minta kita geser teruuus! Akhirnya saya kesel dan bilang “A, saya gak masalah sama sempit2an, tapi ini kan masalahnya keselamatan juga, apalagi banyak bayi di sini. Lagipula, saya bayarnya BEDA kan sama penumpang lain?” Si kenek tanpa berani natep mata saya bilang “Neng, ini tuh udah biasa di sini. Emang biasa penuh dan bayarannya juga biasa segitu”. Saya cuekin dan saya tetep gak mau geser. Gila apa? Bodi guah udah tipis masih disuruh geser?
Tampak depan penginapan Pada Asih, Elf yang dinaiki, dan tim lengkap kita ;)
Tuhan Maha Adil. 10 menit kemudian, BANNYA MELEDAK! Iya, bannya meledak, DUER gitu, sodara2! Untung lagi gak ngebut! Dalem hati ngeri juga, tapi sisi hati lain pengen tereak “SEE??! I’VE TOLD YOU BEFORE, ASSHOLE!” Si Lidia bilang “Makan tuh udah biasa!“. Nyahaha.. Ketika dia ngedongkrak untuk ganti ban itu, saya sempet turun untuk numpang pipis di rumah penduduk. Panas, tangis bayi, dan bau badan mamang2 di dalam ELEP membikin kumplit kesengsaraan saya. Tapi ternyata memadang awan kumulus yang bergumpal dan mendengarkan lagu sangat amat membantu meredam emosi jiwa. Finally sampai Rangkasbitung jam 14:00! Perjalanan 3,5 jam, lebih cepat setengah jam dari perjalanan menuju Bayah di hari pertama. Setelah makan siang nasi padang seharga Rp 11.000, kami memutuskan untuk pulang ke Jakarta naik bus AC seharga Rp 20.000 jurusan Kebon Jeruk – Cawang – Jatibening – Cikarang. Tak dinyana, perjalanan super lancar, dan kita nyampe Jakarta 3 jam saja. Mas MG turun di Kb Jeruk, dan sisanya turun di Cawang. Dari Cawang, saya dan DP tinggal naik metromini sampe rumah dan Lidia serta Epi menuju Kp. Melayu. Fyuuh, Nice trip with nice companion. Makasih ya guys.. Perjalanan yang menyenangkan untuk mengisi long weekend kita. Jadi, ke mana lagi perjalanan kita selanjutnya? ;)

Nah ini nih pasti yang kelian tunggu2. Biaya lala lili untuk ke Sawarna dari Jakarta.

Hari 1:
  • Kereta Tanah Abang – Merak (turun Rangkasbitung): Rp 4000
  • Lunch nasi Padang + minum: Rp 13.000
  • Angkot (stasiun Rangkasbitung – Terminal Mandala): Rp 3000
  • Bus Rudi (Terminal Mandala – Bayah): Rp 30.000
  • Dinner nasi timbel: Rp 10.000
Total: Rp 60.000
Hari 2:
  • Patungan Hotel: Rp 25.000 (Rp 125.000 dibagi 5)
  • Ojek ke Sawarna: Rp 25.000
  • Lunch: Rp 20.000 (udah sama minum soda, pocari, dll)
  • Guide: Rp 5.000 (Rp 25.000 dibagi 5) –> si Aa Galang pemilik warung itu
  • Ojek ke Bayah: Rp 20.000
  • Dinner soto ayam: Rp 10.000
Total: Rp 105.000
Hari 3:
  • Patungan Hotel: Rp 25.000 (Rp 125.000 dibagi 5)
  • ELF (Bayah – Rangkasbitung): Rp 30.000
  • Lunch nasi Padang + minum: Rp 15.000
  • Bus Rudi ke Jakarta: Rp 30.000
Total: Rp 100.000
TOTAL PENGELUARAN: Rp 265.000. Ini pengeluaran dasarnya, tapi kalo sama minum2 di jalan, beli roti di mini market, dan lala lili, pengeluaran saya jadi Rp 290.000. Liburan gak harus yang mahal2 kan..? ;) Happy traveling!