Pantai Sawarna adalah salah satu objek wisata yang termasuk baru. Sebenarnya lokasi tempat wisata pantai Sawarna ini ada di desa Sawarna kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Banten. Tetapi banyak orang menyebutnya pantai Sawarna Sukabumi. Memang tidak salah juga sih dikatan berada di Sukabumi. Ya, memang dengan panjang pantai hingga 65 km, sebagian wilayahnya juga terletak di Sukabumi.
Pantai sawarna sendiri memiliki pasir putih dengan air laut yang biru jernih. Ditambah dengan bentangan perbukitan hijau yang lebat dipesisir pantainya, membuat kita bisa menghilangkan semua kepenatan dan melepas lelah dari semua aktifitas sehari-hari kita. Ombak pantai sawarna juga sangat menantang. Cocok bagi anda yang suka Surfing. Banyak peselancar luar negeri yang sudah mencoba ombak di pantai ini.
Sebenarnya pantai Sawarna sendiri terletak di suatu desa pesisir. Di kawasan desa ini juga banyak sekali objek wisata yang lain. Jadi, jika kita ke pantai Sawarna, kita juga bisa menikmati keindahan alam dari objek-objek wisata lainnya. Pepatah bilang, sekali dayung, dua, tiga pulau terlewati. Sekali ke pantai sawarna, dua, tiga tempat wisata dikunjungi. 

Tempat wisata yang berada di sekitar pantai Sawarna

1. Pantai Ciantir 

Pantai Ciantir Sawarna Sukabumi Jawa Barat
Pantai ciantir mempunyai pasir putih dengan ombak yang sedang-sedang saja. Cocok buat anda yang membawa keluarga dan anak anda. Panorama disekitar pantai ciantir juga sangat menawan. Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke pantai ciantir juga.

2. Pantai Tanjung Layar 

Pantai Tanjung Layar Sawarna Sukabumi
Pantai yang satu ini adalah ikon dari kawasan wisata pantai sawarna. Disebut Pantai Tanjung Layar karena ada dua buah karang besar yang saling berhimpitan yang menyerupai layar kapal. Dua karang besar ini dikelilingi oleh karang-karang cadas dan karang datar yang seakan-akan menjadi lantai kapal. Jangan sampai lupa untuk mengabadikan foto di tempat ini, karena kalian pasti menyesal jika tidak mengabadikan foto dengan dua karang besar tersebut. Tapi anda diharap berhati-hati jika ingin mendekati dua karang besar tersebut, karena banyak karang-karang tajam disekelilingnya.

3. Karang Taraje 

Karang Taraje Sawarna Sukabumi
Objek wisata yang satu ini adalah spot yang sangat indah untuk melihat sunset. Karang Taraje terdiri dari gugusan batu karang yang menjulang. Tempat ini adalah salah satu tempat yang sangat digemari oleh para fotografer Landscape atau alam untuk mengambil gambar. Jangan sampai melewatkan keindahan tenggelamnya sang surya di ufuk barat. Pasti moment yang sangat indah dan romantis, terlebih jika kita datang dengan pasangan kita.

4. Gua Lalay 

Gua Lalay Sawarna Sukabumi

Gua Lalay Sawarna Sukabumi Jawa Barat

Gua Lalay adalah gua tempat sarang ribuan kelelawar. Gua ini berada disekitar pematang sawah di kawasan wisata pantai sawarna. Anda wajib mengunjungi gua ini. Dikarenakan anda tidak akan rugi jika datang ke gua ini, karena gua ini menyediakan keindahan alam yang menawan. Apalagi jika anda ingin melihat Caving yang mempesona mata. Diwaktu petang, ribuan kelelawar keluar dari gua ini untuk mencari makan. Melihat ribuan kelelawar yang keluar dari mulut gua, memberikan sensasi yang wow dan menakjubkan. Sungguh pemandangan yang indah.
Itu adalah beberapa objek wisata yang berada di kawasan Wisata Pantai Sawarna Sukabumi Jawa Barat. Jadi jangan sampai lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi di kawasan wisata pantai sawarna ini, seperti pantai, sungai, rimba, gua, panjat tebing serta agrowisata. 
Anda juga bisa sekedar jalan-jalan di area persawahan yang membentang luas. Dengan hembusan angin yang sejuk, ciri khas dari desa agraris, bisa membuat hati tenang. Disertai dengan deretan pohon kelapa dan pohon jati yang berjejer rapi, membuat pemandangan semakin indah dan seakan-akan menjadi pagar dari kawasan wisata pantai sawarna.
Kurang rasanya jika anda hanya menghabiskan waktu sehari untuk menikmati semua tempat wisata tersebut. Jadi, sempatkanlah untuk menginap 2 sampai 3 hari di pantai sawarna sukabumi ini. Dijamin anda akan puas berlibur di tempat wisata ini. Harga penginapan disana juga sangat murah yaitu Rp 120.000 per malam, sudah termasuk uang makan. Tetapi ingat, jangan coba-coba untuk mencari penginapan tanpa memesannya dahulu, karena pasti sudah terisis atau full semua. Meski begitu, anda tidak perlu khawatir jika sudah kehabisan tempat penginapan, karena banyak pemilik warung yang sengaja membuat pendopo atau saung-saung untuk para wisatawan yang ingin beristirahat.

Akses menuju tempat wisata pantai sawarna

Lokasi Pantai Sawarna Sukabumi Jawa Barat

Ada dua jalur yang bisa anda lalui untuk bisa sampai ke tempat wisata ini. Yang pertama yaitu dari Jakarta – Tangerang – Tigaraksa – Malingping – Bayah dengan memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam. Sedangakan jalur yang kedua yaitu dari Jakarta – sukabumi dan menyusur pesisir selatan. Untuk jalur via Sukabumi memakan waktu 4 sampai 5 jam saja. Jadi saya menyarankan agar anda melewati jalur Sukabumi, karena jarak tempuhnya yang lebih pendek dan juga jalanannya yang lebih bagus dan nyaman, ditambah dengan pesona alam yang indah selama perjalanan, membuat perjalanan lebih menyenangkan.
Dengan semua informasi yang sudah anda dapatkan ini, semoga bisa membuat anda lebih tahu tempat-tempat yang wajib dikunjungi dan akses menuju ke tempat Wisata Pantai Sawarna Sukabumi Jawa Barat ini.