Pantai Kahona Barus Sibolga Tapteng

Menelusuri sisi pantai negeri ini khususnya kampung halaman, ada satu pantai yang masih membuat penasaran karena namanya. Orang menyebut dan akhirnya menamakan Pantai Kahona pada pantai yang ada di kecamatan Andam Dewi. Siapa yang tidak penasaran, dari namanya tentu yang terbayang adalah pantai indah seperti dalam salah satu film terbaik Bollywood, Kaho Naa Pyaar Hai pada tahun 2000 lalu. Bisa disimpulkan sejarah nama pantai bisa jadi kala itu mata yang memandang begitu terpesona sehingga membandingkan dengan pantai dalam film.

Waktu berganti waktu, tahun berganti tahun tak juga terarahkan langkah kaki ke pantai ini. Sampai hari ini, penghujung 2014 akhirnya kesampaian juga. Itupun hampir tidak jadi. Meski jarak tidak lebih 100 Km dari rumah, namun kesempatan tidak selalu berpihak mesra.


Di mataku, sisi ini cukup indah dan berkesan. Bagaimana tidak, barisan pohon kelapa, rumput hijau, berada di sisi jalan aspal yang dilalui menuju pantai tampak begitu nyaman dilihat mata, setujukah? Mengingatkanku pada jalan di hampir sepanjang pantai pada beberapa daerah Pulau Natuna, Kepulauan Riau.


Posisi garis pantainya sendiri bisa berubah seiring dengan pasang surut air laut. Ketika pasang tentu dataran pantainya lebih sedikit seperti gambar di atas. Berbeda ketika sedang surut, setidaknya bisa bermain sepakbola. Pantai Kahona termasuk dalam pantai dengan permukaan landai dan warna dasar pasir sebenarnya putih.


Bisa dikatakan pantai ini masih belum terjamah oleh sentuhan modernitas. Sebagian besar fasilitas yang ada masih tradisional. Apakah itu menjadi masalah? Dalam kacamataku tidak sama sekali. Justru itu bagus. Rumah makan, tempat istirahat, mushola, sebagian besar terbuat dari kayu.

Setiap liburan khususnya hari besar, menjadi waktu dimana pengunjung membludak. Ramai. Selain warga dari daerah sekitar dari kabupaten tetangga juga menetapkan pilihan mengisi liburan ke pantai ini.

Buktikan sendiri, kombinasi rerumputan hijau yang menutupi sebagian besar permukaan tanah dengan pasir putih yang ada di sepanjang pantai membuat kaki terasa lebih nyaman jika tanpa alas.


Sebagai tambahan, sedikit ke tepi akan ditemukan satu muara. Ah, landai sekali di sisi ini. Pertemuan air laut dan sungai, beberapa kapal nelayan yang bersandar serta ekosistem sekitar muara yang memang memberi nuansa sendiri. Paling sempurna rasanya jika camping di tempat ini. Melalui malam bersama keluarga atau teman dekat sambil mengitari api unggun atau api yang digunakan untuk bakar-bakar ikan. Perfect.

*****

Ekspektasi siapapun sah-sah saja jika mengira akan dihadapkan pada pantai seindah dalam film, namun logika harus tetap jalan. Mengingat karakter pantai dalam film yang berada di pulau kecil tentu tidak akan serupa dengan karakter pantai yang ada di pantai barat Sumatera. Karena sudah malang melintang di seputaran pantai barat non pulau, pasti sudah punya bayangan.

Pantai Kahona berada di Desa Lobu Tua, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah. Kecamatan ini belum terlalu dikenal orang karena termasuk kecamatan baru. Merupakan pecahan dari Kecamatan Barus. Bahkan masih banyak yang beranggapan bahwa Pantai Kahona berada di Kecamatan Barus. Jarak dari pusat Barus sendiri sekitar 5 Km jika melalui jalan pintas, namun jika melalui jalan utama bisa mencapai 8 Km.

Secara umum Pantai Kahona berjarak sekitar 80 Km dari Pandan sebagai Ibukota Tapanuli Tengah atau 70 Km dari Kota Sibolga ke arah utara. Tepatnya melalui jalan lintas Sibolga-Aceh. Selanjutnya dari jalan lintas Sibolga-Aceh masih berjarak sekitar 3 Km hingga sampai ke Pantai Kahona itu sendiri.

Kondisi jalan menuju lokasi sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Akan tetapi, itu belum cukup. Masih ditemukan jalanan yang seakan membuat kendaraan berteriak ketika melaluinya. Ya, di mata pengunjung akses jalan merupakan satu hal sangat mendasar. Bisa saja mereka menikmati suasananya saat datang pertama kali namun berpikir dua atau tiga kali ketika ingin kembali. Catatan penting bagi pemerintah.

Jika pemerintah daerah memang menginginkan Pantai Kahona menjadi salah satu Wisata Tapanuli Tengah yang patut diandalkan maka fasilitas serta infrastruktur perlu dibenahi.


Koordinat Lokasi : 2o 2' 32'' N, 98o 20' 55'' E